Jl. Kalingga No. 6
Banyuwangi - Jawa Timur
0333 4465 369
0822 5702 1101
Info :
support@bromohosting.com

Definisi Dan Pengertian Server

Definisi Dan Pengertian Server

Definisi Dan Pengertian Server

Definisi Dan Pengertian Server – Server adalah program komputer yang menyediakan layanan ke program komputer lain (dan penggunanya). Di pusat data, komputer fisik yang menjalankan program server juga sering disebut sebagai server. Mesin itu mungkin merupakan server khusus atau dapat digunakan untuk tujuan lain juga.

Dalam model pemrograman klien/server, program server menunggu dan memenuhi permintaan dari program klien, yang mungkin berjalan di komputer yang sama atau lainnya. Aplikasi yang diberikan di komputer dapat berfungsi sebagai klien dengan permintaan layanan dari program lain dan juga sebagai server untuk melayani permintaan dari program lain.

 

Jenis server

Server sering dikategorikan menurut tujuannya. Sebuah  server Web, misalnya, adalah program komputer yang berfungsi diminta HTML halaman atau file. Program yang meminta konten web disebut klien. Sebagai contoh, browser Web  adalah klien yang meminta file HTML dari server Web.

Berikut ini beberapa jenis server, diantaranya adalah :

  • Server aplikasi adalah program di komputer dalam suatu jaringan yang menyediakan dan mendistribusikan logika bisnis untuk program aplikasi. 
  • Server proxy adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara perangkat endpoint, seperti komputer, dan server lain dari mana pengguna atau klien meminta layanan. 
  • Mail server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail yang masuk dari pengguna lokal (orang dalam yang sama  dalam satu domain ) dan dari pengguna yang jauh.
  • Server virtual adalah program yang berjalan pada server bersama yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga tampak seperti setiap pengguna memiliki kontrol penuh terhadap server. 
  • Server blade adalah sasis server yang menampung beberapa papan sirkuit elektronik modular yang tipis, yang dikenal sebagai blade server. Setiap blade adalah server dalam dirinya sendiri, sehingga seringkali didedikasikan untuk satu aplikasi.
  • File server adalah sebuah komputer yang bertanggung jawab untuk pusat penyimpanan dan pengelolaan  data file sehingga komputer lain di jaringan yang sama dapat mengaksesnya. 

 

Memilih server yang tepat 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan server, termasuk mesin virtual (VM). Ketika memilih server, penting untuk mengevaluasi pentingnya fitur tertentu berdasarkan pada kasus penggunaan. Kemampuan security juga penting dan mungkin akan ada sejumlah perlindungan, dengan mempertimbangkan fitur deteksi dan pemulihan, termasuk enkripsi data asli untuk melindungi data pada saat diakses dan pada saat idle. Jika pilihan server akan bergantung pada penyimpanan internal, pilihan jenis dan kapasitas disk juga penting karena dapat memiliki pengaruh signifikan pada input/output (I/O) dan ketahanan. 

Banyak organisasi yang menyusutkan jumlah server fisik di pusat data mereka karena virtualisasi memungkinkan lebih sedikit server untuk menampung lebih banyak beban kerja. Munculnya komputasi Cloyd juga telah mengubah jumlah server yang perlu di-host oleh suatu organisasi di lokasi. Menampung lebih banyak kemampuan ke dalam rak yang lebih sedikit dapat mengurangi keseluruhan biaya modal, ruang lantai pusat data, dan kebutuhan daya dan pendinginan. Namun, lebih banyak memuat beban kerja pada rak yang lebih sedikit, juga dapat menimbulkan peningkatan risiko bagi bisnis karena beban kerja yang lebih besar akan terpengaruh jika server gagal atau perlu offline untuk pemeliharaan rutin/maintenance. 

 

Sumber : https://whatis.techtarget.com/definition/server

 

 

 


Recent Posts